Selasa, 21 Mei 2013

KH Hasyim Anggap Pakde Tak Siap Tarung - Portal Berita Jawa Timur

Surabaya (media sahabat) Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi menilai cagub Soekarwo tidak siap bertarung di pemilukada Jatim 2013 secara fair dan gentle.

Pengasuh Ponpes Al-Hikam Malang ini melalui rilis yang diterima beritajatim.com, Senin (20/5/2013) mengatakan, seorang cagub yang mendaftarkan partai yang telah nyata didaftarkan terlebih dahulu oleh cagub lain adalah pelanggaran etik politik bahkan kejahatan politik.

"Karena dalam proses pendaftaran ganda tersebut tidak mungkin seorang cagub menghindari politik transaksional atau money politik," tegasnya.

Hal ini terkait dukungan ganda dari Partai Kedaulatan (PK) dan PPNUI. PK memiliki suara 0,50 persen dan PPNUI dengan modal suara 0,24 persen mendaftarkan pasangan Khofifah-Herman ke KPU Jatim dengan membawa surat rekomendasi, Selasa (14/5/2013) lalu. Pada Minggu (19/5/2013) kemarin, juga ada surat rekomendasi dari kedua partai tersebut untuk pasangan incumbent Karsa.


"Gejala ini pasti mengotori suasana politik Jatim dan bisa mengakibatkan  konflik politik horizontal. Tampaknya Soekarwo tidak siap bertarung di pemilukada secara fair dan gentle. Tahun 2008 dengan kecurangan masifnya dan sekarang dengan penggergajian sebagian partai pendukung pesaingnya," tukasnya.

Menurut dia, hal ini perlu ketegasan dan kejujuran tinggi KPU Jatim dan lebih dari itu perlu pengusutan mengapa partai politik mendukung ganda dan siapa yang merekayasanya.

"Tidak cukup hanya dianggap masalah teknis KPU Jatim. Semuanya harus transparan agar Jatim tidak dipimpin manipulator. Saatnya masyarakat pencinta demokrasi anti korupsi bergerak menyelamatkan Jatim," pungkasnya. [tok/kun]

Sumber: beritajatim.com

0 komentar:

Posting Komentar